Densus 88 Sita Bukti 700 Ribu Dolar AS, Tokoh yang Ditangkap Selanjutnya Bisa Bikin Geger



Densus 88 Antiteror terus membongkar jaringan pendana kelompok teroris Jamaah Islamiyah. Hasilnya, Densus 88 kembali berhasil mengamnkan uang sebanyak 700 ribu dolar AS dari yayasan yang berafiliasi dengan Jamaah Islamiyah.

Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Kombes Aswin Siregar mengatakan, operasi Densus 88 kini tak lagi menyasar pelaku teror lapangan, tapi sudah mengarah pada aktor intelektual dan pendananya. Seperti diketahui, Densus 8 8 Antiteror telah menangkap tiga tersangka jaringan pendana kelompok teroris Jamaah Islamiyah. Mereka adalah Farid Okbah pengurus MUI Bekasi, Zein An-Najah komisi fatwa MUI Pusat, dan Anung Al Hamad.

Yang mengejutkan publik, Anies Baswedan ternyata sangat akrab dengan tersangka Farid Okbah. Selain jadi pembaca buku Farid Okbah, Anies Baswedan juga sempat menemui Farid Okbah sebelum ditangkap Densus 8 8. Mungkinkah Densus 88 juga akan menangkap Anies Baswedan terkait kasus terorisme? Pertanyaan macam inilah yang kerap muncul di tengah publik.

Yang pasti, Densus 8 8 kini sedang memburu para aktor intelektual kelompok teroris Jamaah Islamiyah dan pendananya. Sebab, kelompok teroris Jamaah Islamiyah punya dosa besar dalam kasus teror bom Bali pada tahun 2002 yang menewaskan 202 orang dari berbagai negara. Teror bom Bali itu menjadi peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.

Sebelumnya, cara kelompok teroris Jamaah Islamiyah mengumpulkan dana, telah diungkap oleh Densus88. Tersangka Farid Okbah dan pengikutnya ternyata sengaja menjual kemiskinan umat dan bencana alam untuk menarik simpati masyarakat.

Proses pengumpulan dananya dilakukan dengan cara mendirikan aneka yayasan sosial. Lembaga sosial jaringan Jamaah Islamiyah ini, menggali dana menyebar kotak amal ke berbagai kota. Selain itu, juga menggali dana secara online lewat media sosial.

Dari 2 lembaga saja, mereka bisa meraih dana puluhan miliar setiap tahun. Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman bin Auf atau BM ABA, bisa menghasilkan Rp 14 miliar setahun. Sementara Syam Organizer atau S O, bisa menghasilkan Rp 15 miliar setahun.

Untungnya, tersangka Farid Okbah berhasil ditangkap Densus 88. Yang mengejutkan, sebelum ditangkap Densus 88, Anies Baswedan sempat menemui Farid Okbah. Selain menangkap Farid Okbah, Densus 88 juga menangkap 24 tersangka pengumpul dana.

Berikut pengakuan Fitria Sanjaya, tersangka pengumpul dana di Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman bin Auf.

Post a Comment

Previous Post Next Post