Janji Anies Hanya Manis di Mulut, Tapi Bikin Pedes Perut: Ini Kata Korban Penggusuran Anies Baswedan

Saat kampanye Pilkada Jakarta tahun 2017 lalu, Anies Baswedan sedikitnya menawarkan 23 janji manis kepada warga Jakarta. Salah satu janji Anies, tidak akan melakukan penggusuran terhadap warga Jakarta. 


Namun, setelah menjabat Gubernur DKI Jakarta, janji-janji Anies Baswedan ternyata hanya manis di mulut saja, tapi terasa mules di perut. Soalnya, warga Jakarta ternyata banyak yang jadi korban penggusuran.


Dalam laporan LBH Jakarta disebutkan, sepanjang periode Januari – September 2018 era Gubernur Anies Baswedan, terdapat 79 titik penggusuran dengan jumlah korban 277 kepala keluarga dan 864 unit usaha. 


Rinciannya, jumlah kasus penggusuran unit usaha terjadi di 53 titik dengan korban 773 unit usaha. Sedang jumlah penggusuran hunian warga terjadi di 17 titik dengan korban 186 kepala keluarga. Sementara jumlah kasus penggsuran hunian beserta unit usaha terjadi di 9 titik dengan korban 89 kepala keluarga dan 93 unit usaha.


Berdasarkan data LBH Jakarta, kasus penggusuran paksa era Anies Baswedan paling banyak terjadi di Jakarta Selatan, yaitu sebanyak 23 titik penggusuran. Kemudian disusul Jakarta Pusat sebanyak 22 titik penggusuran, Jakarta Utara dan Jakarta Barat sebanyak 12 titik dan Jakarta Timur sebanyak 10 titik penggusuran.


Jakarta pusat menjadi kota administratif yang paling banyak melakukan penggusuran terhadap unit usaha yaitu sebanyak 19 titik penggusuran. Sedangkan Jakarta Selatan terdapat penggusuran terhadap hunian, yaitu sebanyak 10 titik penggusuran. Total ada 79 titik penggusuran secara paksa di Jakarta selama waktu tersebut.


Ironinya, ratusan warga pendukung Anies Baswedan di Jalan Sunter Agung Perkasa Tanjung Priok Jakarta, juga digusur secara paksa dengan alat berat. Akibatnya, ratusan warga dari 62 kepala keluarga harus kehilangan tempat tinggal dan tempat cari nafkah. 


Simak pengakuan warga Sunter Agung yang jadi korban pengguran, Nurhasanah, Norman dan Zubaedah.


Post a Comment

Previous Post Next Post