Jejak Jalur Kereta Api Ambara-Yogyakarta Tempo Doeloe Era Kolonial Belanda


Berdasar catatan sejarah, Indonesia merupakan negara kedua di Asia yang membangun jaringan kereta api setelah India. Jalur kereta api pertama di Indonesia dibangun pada era kolonial Belanda tahun 1867 dengan rute dari Semarang sampai Tanggung yang berjarak 26 kilometer. Jalur kereta api pertama ini dibangun oleh perusahaan swasta Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.

Kemudian, pada tahun 1873, jalur kereta api dari Semarang ke Ambarawa sudah dioperasikan dengan melewati Stasiun Kedung Jati. Sedang jalur kereta api dari Yogyakarta ke Magelang dirampungkan pada 1898. Dari Magelang jalur ini diteruskan sampai ke Secang pada 1903. Jalur Secang-Ambarawa selesai dibangun pada 1905. 

Setelah tahun 1905, jalur Semarang-Yogyakarta sudah bisa dilewati kereta api dengan panjang sekitar 121 kilometer. Selain jalur kereta Semarang-Yogyakarta yang melewati Magelang, ada jalur Semarang-Yogyakarta via Surakarta, tapi rutenya lebih panjang sampai 200 kilometer. Dalam dokumen video milik Koloniaal Instituut Amsterdam, terdapat perjalaman kereta api dari Ambarawa ke Yogyakarta yang direkam antara tahun 1912 hingga 1913. Berikut cuplikan video kereta api dari Stasiun Willem I Ambarwa hingga Yogyakarta. 


Post a Comment

Previous Post Next Post