Bukti Anies Cuma Pintar Omong Manis: Janji Bangun 1,8 Juta Lubang Zero Run Off, Jakarta Malah Banjir Parah

Sudah banyak kata-kata manis yang dilontarkan Gubernur DKI, Anies Baswedan dalam menghadapi persoalan banjir di DKI Jakarta. Contohnya bernjanji akan melaksanakan Program Naturalisasi Sungai, pembangunan Drainase Vertikal (lubang resapan) dengan strategi Zero Run Off. Bahkan, Anies berjanji akan membangun 1,8 juta lubang Zeru Run Off di Jakarta. Tapi mana hasilnya?


Ketika Kementerian PUPR melaksanaan normalisasi kawasan daerah aliran sungai (DAS) di Jakarta, Anies Baswedan menolak karena dia telah menyiapkan program naturalisasi sungai di Jakarta. Akibatnya, program normalisasi yang dilaksanakan Kementerian PUPR di kawasan DAS dari hulu hingga hilir, yakni dari kawasan Bogor, Tangerang dan Depok akhirnya terhenti di Jakarta pada tahun 2017.


Selain akan melaksanakan Program Naturalisasi Sungai, Pemerintah DKI juga menyiapkan strategi baru untuk mengamankan Ibu Kota dari banjir, yakni menggunakan strategi zero run off membangun 1,8 juta lubang Zeru Run Off di Jakarta itu sulit dilihat buktinya.


Faktanya, pada tahun 2021 ini Jakarta malah mengalami banjir parah hingga setinggi 4 meter. Warga Cipinang misalnya, biasanya rumahnya terendam banjir hanya sebatas dada, tapi pada tahun 2021 malah terendam hingga atap rumah.

 


Post a Comment

Previous Post Next Post