Mahasiswa Papua dan Papua Barat Kembali Datangi Kemdagri: Desak Otsus Jilid II Dilanjutkan

Para mahasiswa Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Papua Bersatu kembali menggelar unjuk rasa di Kantor Kemendagri Jakarta. Mereka menuntut agar pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II di Papua dan Papua Barat dilanjutkan. "Para kepala kampung di Papua mendukung Otsus dilanjutkan," tegas mahasiswa Papua.


Sebeleumnya, aksi serupa juga digelar para mahasiswa Papua dan Papua Barat di Kantor Kemendagri Jakarta. Mereka menuntut agar pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II di Papua dan Papua Barat dilanjutkan. Namun, mereka juga berharap ada evaluasi menyeluruh sebelum Otonomi Khusus jilid II diterapkan.


“Kami mendukung keberlanjutan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat yang berpihak terhadap program prioritas pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi,” kata Koordinator Aksi Bio Werfete.


Meski mendukung keberlanjutan otonomi khusus, perwakilan mahasiswa mendorong Pemerintah Pusat untuk mengevaluasi Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat dalam membangun “clean government dan good government” serta mendorong semangat proses penegakan hukum terhadap penyalahgunaan Dana Otonomi Khusus.


“Kami mendukung Otsus, namun harus ada perbaikan mekanisme yang jelas dan program-program yang dapat dirasakan manfaatnya demi kesejahteraan Papua,” ujar Sabil perwakilan dari FMPI.



Previous Post Next Post