Anggota Majelis Rakyat Papua Barat Dukung Otsus Jilid II Berlanjut

Para anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) perwakilan Kabupaten Kaimana telah melakukan pembahasan evaluasi pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) selama masa reses lalu. Meski ada penolakan, 99% warga Kabupaten Kaimana sepakat Otsus Jilid II dilanjutkan. Mayoritas warga kabupaten lain di Papua Barat tetap berharap Otsus terus dilanjutkan.

Hal itu dipaparkan Ismail Ibrahim Watora, anggota MRP PB perwakilan Adat Kaimana. Selama masa reses lalu, para anggota MRPB dan DPRP di tiap-tiap daerah telah melakukan pembahasan dan menghasilkan rekomendasi dari aspirasi Orang Asli Papua (OAP) di Provinsi Papua Barat.

“Secara umum, respon masyarakat Kaimana khususnya kalangan masyarakat adat mayoritas lebih mendukung otsus tetap berlanjut dengan pertimbangan saran dan masukan seperti keberpihakan hak politik orang asli Papua dan transparansi pemerintah dalam pemanfaatan dana otsus sehingga lebih menyentuh pada masyarakat”, ucap Ismail Ibrahim Watora yang juga Anggota MRPB Pokja Adat Perwakilan Kaimana.

Ia juga menyebutkan bahwa masyarakat berharap agar otsus banyak dimanfaatkan untuk masalah pendidikan dan kesehatan. Dikatakannya, masyarakat harus mewaspadai isu-isu provokatif yang sering beredar sehingga masyarakat harus tetap tenang karena MRPB akan menyerap seluruh aspirasi-aspirasi yang disampaikan OAP di wilayah Provinsi Papua Barat.

“Pengkajian terhadap otsus akan dilakukan dengan melibatkan kalangan akademisi, keamanan, tokoh adat dan tokoh agama”, imbuhnya.

Previous Post Next Post